Buat Mesin Motor Lebih Kencang Fungsi Kopling Termaksimalkan


Source :google
Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan jika anda menginginkan kinerja kopling yang maksimal. Tetapi ada baiknya anda juga melihat asal dari masalah yang baru anda atasi dengan langkah berikut ini.
Masalah klasik pada motor gede adalah kampas kopling yang habis tidak merata. Di satu sisi piranti itu menipis sedang bagian lainnya masih utuh. Sehingga motor jadi sulit mencapai topspeed atau terkadang terasa menyentak saat pindah gigi. Diameter stut penonjok kopling asli
terlalu kecil yaitu 13 mm.
Diameter klep buang motor gede cukup besar yaitu 23 mm. Jadi fungsi penekanan kampas bisa maksimal. Selain itu, bentuknya hampir sama dengan stut king. Tinggal papas sedikit bagian bawahnya lalu sesuaikan ukuran panjangnya.
Alat yang anda butuhkan adalah kunci pas 17 mm, kunci sok 10 mm, L 6, obeng ketok dan palu karet.
Langkah yang harus anda lakukan adalah menguras oli di dalam bak karter. Gunakan kunci pas 17 mm untuk membuka baut pengunci. Agar tidak berceceran jangan lupa anda siapkan cawan penampung.
Untuk memudahkan membuka bak kopling, copotlah juga tuas engkol starter dengan melepas baut pengikat dengan menggunakan kunci L-6 mm. Lalu lepas juga tutup pompa oli yang menempel di bak karter dengan cara mengendurkan bautnya dengan obeng ketok.
Jangan lupa anda lepaskan kabel rpm yang menempel pada bak secara perlahan dengan jari. Lalu lucuti 7 sekrup yang mengikat bak karter dengan menggunakan obeng ketok.
Setelah semua baut lepas, bukalah bak karter. Untuk memudahkannya, ketuk perlahan dengan palu karet atau balok kayu yang dibungkus kain agar cat tidak lecet. Bukalah 4 baut per kopling yang mengunci tutu[ rumah kopling menggunakan kunci sok 10 mm.
Setelah semua terlepas, bukalah perlahan tutup rumah kopling dengan menggunakan tangan. Pada bagian tengah terlihat stut standar dengan diameter lebih kecil. Keluarkan dan ganti pakai klep buang grand. Sebaiknya anda berhati-hati saat menarik tuas karena ada pelor di dalamnya.
Sebelum memasangnya, jangan lupa anda samakan terlebih dahulu panjang klep buang grand dengan yang asli. Potong atau papas 3,5 mm batang klepnya agar sama panjangnya lalu pasang.
Sebelum anda menutup kembali, cocokan tanda panah (TOP) yang ada pada pelat penekan dengan tanda di rumah kopling.
Agar proses pemasangan cepat selesai, anda tinggal mengembalikan komponen yang sudah dibuka ke tempat semula sesuai langkah kembalikan saat membukannya. Kalau memang paking bak karter sobek atau rusak sebaiknya anda ganti dengan yang baru agar tidak terjadi kebocoran oli.

(Sumber : Motorplus-online.com)
« Previous
 
Next »
 

0 komentar:

Your comment / Buat Mesin Motor Lebih Kencang Fungsi Kopling Termaksimalkan