Designing and Building an Exhaust System
Tujuan
utama dari suatu sistem pembuangan tidak diragukan lagi untuk rute gas buang
menghabiskan keluar dari mesin mobil. Sepanjang jalan itu gas buang dapat
digunakan untuk menggerakkan turbocharger dan sekarang-a-hari
itu akan paling pasti menggabungkan konverter katalis untuk
mengurangi emisi karbon dioksida.Tapi di mobil kinerja tinggi,seperti mobil dimodifikasi, atau mobil balap
dimodifikasi, sistem pembuangan jauh lebih penting karena memiliki pengaruh
langsung terhadap kinerja mesin dan kekuatan mesin . Akibatnya,
sistem pembuangan, dan khususnya desain header yang knalpot,memainkan
peran penting baik dalam tuning mesin dantuning mobil .Secara
umum, suatu sistem pembuangan terdiri dari manifold knalpot (yang kadang-
kadang
disebut header knalpot), pipa depan, konverter katalis, knalpot utama atau
peredam, dan pipa ekor dengan ujung knalpot. Dalam hal tuning sistem
pembuangan, knalpot yang paling mudah untuk mengatasinya hanya
masalah penggantian knalpot saham dengan aliran bebas atau knalpot
kinerja tinggi , seperti knalpot FlowMaster . Hasilnya
adalah sistem aliran gas buang. Namun, knalpot kinerja harus memiliki
inlet dan pipa outlet yang sama ukuran (diameter) sebagai pipa depan dan pipa
ekor Anda.Pipa depan dan pipa ekor Anda juga harus memiliki diameter yang sama. Sisa
dari sistem pembuangan jauh lebih rumit karena Anda perlu
mempertimbangkan kembali tekanan , mesin anda power
band , dan mesin anda, RPM maksimum dapat digunakan .
BACK
PRESSURE
Jumlah tekanan
balik yang dihasilkan oleh sistem pembuangan sangat penting karena
terlalu banyak tekanan balik akan memiliki efek negatif pada top-end performa
mesin anda, karena akan membatasi laju aliran dari gas buang
pada RPM tinggi. Hasilnya akan menjadi mesin tidak dapat mengusir gas
buang menghabiskan cukup cepat untuk mencegah gas buang menghabiskan
mengkontaminasi udara / campuran bahan bakar segar yang ditarik ke dalam mesin
pada langkah isap berikutnya. Pada akhirnya, ini akan menghasilkan tenaga
mesin berkurang! Oleh karena itu, menempelkan 1-inci sedikit
kacang-shooter untuk mesin Anda, bukan suatu sistem pembuangan adalah bukan ide
yang baik! Tapi keduanya tidak pas pipa pembuangan 10-inci. Jika pipa
knalpot terlalu besar, Anda akan mengurangi kecepatan aliran dari
gas buang. Kecepatan aliran gas buang membantu dengan scavenging dari gas
buang menghabiskan serta jumlah udara / campuran bahan bakar yang dapat ditarik
ke dalam ruang pembakaran pada langkah isap berikutnya. Hal ini karena
kecepatan aliran gas yang menciptakan tekanan rendah segera di belakangnya yang
menghisap gas lebih banyak dari ruang pembakaran. Caranya adalah demikian
untuk mendapatkan tekanan balik tepat.
DASAR DESAIN
/BASIC DESIGN
Kami buang sundulan desain halaman akan memiliki
informasi lebih spesifik, tapi secara umum, sebuah 2 ¼ inci pipa
knalpot sangat ideal untuk sistem pembuangan untuk mobil jalanan 4-silinder,
tetapi 2 ½ inci pipa knalpot adalah lebih cocok untuk jalan
6-silinder mobil. Namun, 2000cc 4-silinder mobil balap dimodifikasi akan
lebih baik lagi dengan pipa knalpot 3-inci! Ukuran pipa knalpot header
yang utama juga penting karena mempengaruhi baik tekanan balik dan kecepatan
aliran, sedangkan panjang pipa primer mempengaruhi band tenaga mesin
Anda. Ukuran dan panjang pipa utama dari manifold
knalpot, serta knalpot desain header tergantung pada perpindahan mesin Anda dan
RPM dapat digunakan maksimal, serta band kekuatan yang Anda inginkan dari
mesin.
Pada
bagian berikutnya kita melihat lebih dekat pada panjang pipa yang ideal primer
dan diameter exhaust manifold, di desain sundulan knalpot dan pada
anti-reversi teknik.
sumber(Custom-Car.us)
0 komentar:
Your comment / Merancang dan Membangun Sistem Exhaust by "Bad Ass" Bre