Aman Memodifikasi Motor Cara Setting Jarum Pelampung Karburator

Source : Google.com
Kadang-kadang buat motor yang sudah lama masa pakainya anda menemukan jarum karburator yang sudah tidak pas setelannya atau aus. Jika hal ini terjadi maka bensin akan keluar terus-menerus atau bocor. Untuk memperbaikinya cukup sediakan ampelas dico atau ampelas air halus ukuran 1000, bisa dibeli di toko bangunan.
Pertama buka empat sekrup pengikat mangkuk karburator. Kemudian bongkar jarum pelampung, terus ampelas ujungnya dengan cara memutar sampai rata. Ketinggian pelampung dengan sendirinya akan berubah sehingga tidak sesuai dengan standar pabrik. Untuk itu perlu kiat khusus dalam penyetelannya.
Caranya, pasang kembali jarum sama pelampungnya di karburator, lalu buat patokan dasarnya dan ukur kembali tinggi pelampung. Selanjutnya pasang mangkuk karburator, cukup diapit dengan tangan, tidak perlu diikat memakai empat sekrupnya. Posisikan karburator berdiri.

Isikan bensin ke karburator sampai bensin mengisi mangkuk karburator, kemudian buka lagi mangkuknya. Dalam kondisi normal, permukaan bensin (sisi yang mau tumpah) tepat di bibir mangkuk, sedangkan permukaan sisi yang lain, harus pas dengan permukaan dasar coakan ruang pelampung.
Cara ini dapat digunakan untuk karburator yang ruang pelampungnya tidak terlalu dalam. Saat dimiringkan, permukaan bensin di dalam mangkuk harus sejajar dengan batas coakan. Bila terlalu banyak bensin di mangkuk atau istilahnya banjir,maka kita dapat meninggikan pelampung dan jika terjadi sebaliknya/terlalu kurang, maka pelampung dibuat rendah.
Pelampung yang terbuat dari pelat, tinggal kita naik-turunkan kaki stopernya. Sedangkan pelampung dari plastik, perlu memanaskan dulu kakinya menggunakan solder atau panas rokok. Semoga tulisan ini berguna, salam bikers.

(Sumber : Motorplus-online.com)
« Previous
 
Next »
 

0 komentar:

Your comment / Aman Memodifikasi Motor Cara Setting Jarum Pelampung Karburator