Source : Google.com
Kadang-kadang buat motor yang sudah lama masa pakainya anda menemukan jarum
karburator yang sudah tidak pas setelannya atau aus. Jika hal ini terjadi maka
bensin akan keluar terus-menerus atau bocor. Untuk memperbaikinya cukup
sediakan ampelas dico atau ampelas air halus ukuran 1000, bisa dibeli di toko
bangunan.
Pertama buka empat sekrup pengikat mangkuk karburator. Kemudian bongkar
jarum pelampung, terus ampelas ujungnya dengan cara memutar sampai rata.
Ketinggian pelampung dengan sendirinya akan berubah sehingga tidak sesuai
dengan standar pabrik. Untuk itu perlu kiat khusus dalam penyetelannya.
Caranya, pasang kembali jarum sama pelampungnya di karburator, lalu buat
patokan dasarnya dan ukur kembali tinggi pelampung. Selanjutnya pasang mangkuk
karburator, cukup diapit dengan tangan, tidak perlu diikat memakai empat
sekrupnya. Posisikan karburator berdiri.
Isikan bensin ke karburator sampai bensin mengisi mangkuk karburator,
kemudian buka lagi mangkuknya. Dalam kondisi normal, permukaan bensin (sisi
yang mau tumpah) tepat di bibir mangkuk, sedangkan permukaan sisi yang lain,
harus pas dengan permukaan dasar coakan ruang pelampung.
Cara ini dapat digunakan untuk karburator yang ruang pelampungnya tidak
terlalu dalam. Saat dimiringkan, permukaan bensin di dalam mangkuk harus
sejajar dengan batas coakan. Bila terlalu banyak bensin di mangkuk atau
istilahnya banjir,maka kita dapat meninggikan pelampung dan jika terjadi
sebaliknya/terlalu kurang, maka pelampung dibuat rendah.
Pelampung yang terbuat dari pelat, tinggal kita naik-turunkan kaki
stopernya. Sedangkan pelampung dari plastik, perlu memanaskan dulu kakinya
menggunakan solder atau panas rokok. Semoga tulisan ini berguna, salam bikers.
(Sumber : Motorplus-online.com)
0 komentar:
Your comment / Aman Memodifikasi Motor Cara Setting Jarum Pelampung Karburator