Cek Mesin Motor Anda Saat Berdesir


Source : google.com
Jangan panik jika pada bagian blok dan kepala silinder ada terdengar suara mendesir. Ganti lah Pegas Tensioner. Tepatnya pada saat rpm engine turun, setelah grip gas dipelintir habis. Sebenarnya hal itu menandakan bahwa batang penekan tensioner sudah tidak maksimal menegangkan rantai. Gerak putar pada bantalan rantai keteng jadi tidak beraturan.
Penyebab utamanya pegas pemutar batang penekan di sangkar tensioner sudah melemah. Anda harus menambah tugas per berdiameter
kecil dan halus serta siap menahan hentakan rantai yang ditarik 2 gir poros bubungan (kem). Ketegangan rantai yang harusnya bisa diatur lebih stabil jadi sulit dikontrol sehingga sering muncul suara berdesir.
Jika anda mengalami hal serupa maka pegas aslinya berdiameter kecil dan halus, diganti dengan per yang lebih besar. Sehingga selain tahan entakan dan putaran rantai jadi halus serta usia pemakaiannya pun jauh lebih lama.
Tapi sebelum ganti atau ingin pasang rantai baru sebaiknya anda teliti lebih dulu saat pemasangan lebih mudah menyala. Saat anda melepas komponen tensioner di silinder blok sebaiknya anda posisikan dan sesuaikan dulu tanda top di magnet juga tanda panah di gir rantai keteng yang berada di kepala silinder.
Seperti tanda T di lubang intip di tutup magnet. Harus pas sama tanda panah 2 di gir exhaust dan tanda panah 3 di gir inlet yang mengarah tepat ke atas. Tentu  dengan jarak penentu 16 titik mata rantai di masing-masing tanda panah.
Bila sudah tepat maka komponen tensioner bisa dilepas dengan cara membuka dua mur pakai kunci ring 10. Lalu copot ring pengunci pegas dan batang penekan otomatis agar bisa dikeluarkan. Setelah itu anda bisa masukan pegas baru ke posisi semula atau di lubang dudukan batang luar penahan per. Juga batang dalam per digunakan sebagai pengunci tuas penekan tensioner, sebelum ring pengunci dipasang seperti semula.
Setelah selesai anda harus susun kembali dan memasangnya pada posisi semula seperti karburator, kepala silinder, oil cooler dan cover samping yang telah dilepas.

(Sumber : Motorplus-online.com)
« Previous
 
Next »
 

0 komentar:

Your comment / Cek Mesin Motor Anda Saat Berdesir