Sandblasting Technology - Selamatkan Mobil dari Karat


Jakarta,(sumber)BosMobil.com - Musuh abadi seluruh benda berbahan dasar metal/besi adalah karat/korosi, yang akan tumbuh subur di daerah yang memiliki tingkat kelembaban udara tinggi. Namun ada salah satu cara yang paling efektif dan cepat untuk mengusir karat/korosi dari tubuh mobil, yaitu sandblasting. Lalu, apa sih sandblasting itu sebenarnya?
Sandblasting Technology
Sandblasting merupakan proses yang diadaptasi dari teknologi yang biasa digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang oil & gas, industri, ataupun fabrikasi guna membersihkan atau mengupas lapisan yang menutupi sebuah obyek yang biasanya berbahan dasar metal/besi dengan bantuan butiran pasir khusus yang ditembakkan langsung dari sebuah kompresor bertekanan tinggi ke obyek.
Sandblasting Technology
Sandblasting itu sendiri terbagi atas 2 jenis, yaitu Dry Sandblasting dan Wet Sandblasting. Dry Sandblasting biasa diaplikasikan ke benda-benda berbahan metal/besi yang tidak beresiko terbakar, seperti tiang-tiang pancang, bodi dan rangka mobil, bodi kapal laut, dan lain-lain. Sedangkan Wet Sandblasting diaplikasikan ke benda-benda berbahan metal/besi yang beresiko terbakar atau terletak di daerah yang beresiko terjadi kebakaran, seperti tangki bahan bakar, kilang minyak (offshore), ataupun pom bensin, dimana pasir silica yang digunakan dicampur dengan bahan kimia khusus anti karat yang berguna untuk meminimalisir percikan api saat proses sandblasting terjadi.
Sandblasting Technology
Sandblasting Technology
Namun begitu, alat yang digunakan tetaplah sama, terdiri dari kompresor, tabung penyaring udara (Airblast Breathing Air Filters), tabung penampung pasir (blast pot), selang, nosel, helm khusus untuk dikenakan oleh sang operator sandblasting. Di Indonesia juga terdapat beberapa yang membuka usaha jasa sandblasting, salah satunya terletak di seputaran Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat.
Nah...kini Anda sudah tahu kan, apa itu sandblasting?! Semoga membantu!


« Previous
 
Next »
 

0 komentar:

Your comment / Sandblasting Technology - Selamatkan Mobil dari Karat