Tips pilih head unit untuk salon quality


Jakarta, (sumber)BosMobil.com - Ketersediaan pasar akan sebuah perangkat sentral pengolah sistemaudio atau head unit memang cukup beragam. Dalam sebuah aliran sound quality (SQ), headunit merupakan perangkat yang benar-benar harus diperhatikan terutama dalam masalah fitur sehingga memudahkan dalam proses tuning.
Head Unit Sound Quality
Menurut Johny, installer dari Mega Audio, head unit untuk SQ harus memiliki tiga unsur yang saling berkaitan yaitu fitur Time Alignment, fitur Built-In Crossover dan fitur Equalizer.

Time Alignment (TA)

Posisi duduk yang cenderung berada disisi kanan membuat rambatan suara  antara speaker kiri, kanan serta subwoofer mempunyai jarak yang berbeda. Maka dari itu, disinilah fitur TA atau time delay berfungsi untuk memperlambat sinyal audio yang dikeluarkan oleh speaker tertentu sehingga menjadi lebih simetris dan nyaman serta pas sampai ke telinga pendengar. TA juga difungsikan sebagai pengatur dimensi suara atau sering disebut staging.

Built-In Crossover
Head Unit Sound QualityCrossover merupakan nilai plus untuk sebuah head unit terutama untuk sistem audio yang menggunakan active crossover.  Fitur ini berfungsi mengatur pembagian frekuensi atau sering disebut cutting frequency yang tepat ke speaker. Perumpamaan, tweeter tidak didesain untuk mengeluarkan suara frekuensi rendah (bass) sehingga digunakanlah fitur crossover agar frekuensi rendah tersebut tidak masuk ke tweeter, begitu pula untuk speaker yang lain.

Equalizer (EQ) 

Equalizer merupakan perangkat yang sangat membatu saat proses tuning SQ. Semakin banyak jumlah band pada head unit, semakin bagus pula kualitas head unit tersebut. Perangkat ini berfungsi sebagai pengkontrol gelombang frequency untuk mengatur sound instrument. Biasanya data digital pada equalizer berbentuk graphic dan parametric.

Head Unit Sound Quality
Secara mendasar, Johny menekankan ketiga fitur diatas sangat penting keberadaannya dalam head unit untuk sebuah car audio system yang mengusung konsep SQ. Pria berkacamata ini juga menambahkan sebagai alternatif memilh head unit jika dilihat dari jumlah channel atau RCA Output. “Pada head unit SQ yang mempunyai fitur TA terdapat pilihan 6 atau 8 channel. Jika 6 channel tersedia output untuk high, mid, dan low. Sementara untuk RCA output 8 channel, lebih komplit dan sangat cocok untuk bermain di 3-way tanpa harus membuat passive crossover,” tutup Johny.
« Previous
 
Next »
 

0 komentar:

Your comment / Tips pilih head unit untuk salon quality