Rawat Cat dari si “kusam”



Cat merupakan lapisan paling luar dari bodi kendaraan yang memiliki berbagai fungsi. Selain untuk melapisi kendaraan sendiri, cat juga merupakan tameng atau modal mobil Anda untuk bergaya bukan ? Karena ketika seseorang melihat sesuatu, pasti pandangan awalnya tertuju pada bagian luar, bukan dalamnya terlebih dahulu. Bila kita menyayangi kendaraan kita sendiri, pastinya kita tidak mau melihat tampang kendaraan kita kusut kusamkan, maka dari itu sangat lah penting kita merawat cat mobil kita.

Ada beberapa tips dan langkah untuk perawatan mobil kesayangan kita ini menurut Tomi Gunawan  pemilik bengkel spesialis cat “Tomi Airbrush” yang terletak di Jl. Kebun Raya 103 Duri Kepa Jakarta Barat. Menurut lelaki yang akrab disapa Tomi ini, “Ada beberapa cara untuk menjaga cat mobil kesayangan anda ini yaitu dengan perawatan sehari-hari atau jangka panjang dan perawatan sehabis pengecatan ulang  ( setelah masuk bengekel cat),” ucapnya.

Untuk itu kita simak sedikit ulasannya :

Untuk perlindungan sehari-hari dan jangka panjang ada beberapa faktor yang bisa dilakuakan agar cat kendaraan Anda tetap kinclong, untuk itu perhatikan beberapa langkah dibawah ini :
1.    Di saat pencucian mobil hindari dari terik matahari karena bisa menyebabkan flex pada mobil
2.   Jika mencuci mobil menggunakan air asin, di usahakan untuk membilas dengan air bersih (PAM) agar  tidak terjadi karat
       dikemudian hari.
3.    Di anjurkan untuk pemolesan berkala boleh dilakukan tiap minggu (menggunakan wax mobil)
4.    Usahakan parkir di tempat teduh selama memungkinkan
5.    Cuci segera jika permukaan cat terkena bensin
6.    Jangan lap mobil Anda menggunakan kain kering – selalu gunakan air
7.    Hindari cairan pencuci/cairan kimia yang bersifat abrastif atau memakai kuas kasar (kuas pada mesin pencuci mobil
       otomatis dapat menggores permukaan cat)
8.    Perbaiki goresan pada permukaan cat sesegera mungkin untuk menghindari terjadinya karat.
Sedangkan untuk pengecatan perawatan setelah pengecatan ulang atau setelah restorasi cat, ada dua tahap yang harus Anda lalui untuk menjaga cat baru Anda terlihat lebih apik dan sempurna. Dua tahapan itu ada di 30 hari pertama dan 120 hari pertama, yuks simak langsung aja ulasan dari sang pakar :

30 hari pertama :
1.    Cuci mobil dengan tangan , gunakan air saja
2.    Hindari parkir di bawah pohon , karena dapat terkena getah atau kotoran burung  yang kemudian dapat merusak cat (bilas segera mungkin).

120 hari pertama :
1.    Untuk menghilangkan tanah dan lumpur yang menempel gunakan sabun cair lembut – jangan pakai detergen.
2.    Jangan poles/waxing mobil anda dalam 120 hari.

Demikian sedikit tips ringan dari pria ramah yang bermarkas di kawasan Jakarta Barat itu. Sekarang tinggal bagaimana Anda mempraktekannya saja, semoga dapat membantu masalah pada cat mobil kesayangan anda. Selamat mencoba.

Sumber : Tomi Airbrush (Jl. Kebon Raya 103 Duri Kepa, Jakarta Barat 11510 / 021-5652607 / www.tomiairbrush.com)
« Previous
 
Next »
 

0 komentar:

Your comment / Rawat Cat dari si “kusam”