Waspada 5 Suara Abnormal Pada Kendaraan Kesayangan Anda


Salah satu kesalahan kecil para pengendara yang dapat berakibat buruk adalah sikap menyepelkan atau tak peduli terhadap bunyi-bunyi abnormal yang keluar dari beberapa bagian di kendaraan. Merasa mobil masih dapat dikendarai, mereka tidak melakukan pemeriksaan apapun walau selalu mendengar bunyi-bunyi yang tidak biasa ketika tengah mengendarai mobil. Padahal, bunyi-bunyi itu bisa menjadi sinyal akan adanya bencana atau ancaman kerusakan yang berdampak serius bagi kendaraannya.



Walau kendaraan masih nampak segar bugar, mestinya setelah beberapa kali mendengar suara yang aneh keluar dari kendaraan pengendara wajib lakukan pemeriksaan di bengkel terdekat, terlebih disaat ini ketika mobil lebih sering melintas di genangan air atau di kawasan banjir. Minimal para pengendara wajib menanyakan pada mekanik bila mendengar suara mendengung, mencicit atau seperti suara benturan dua logam.

Di sini, team dari bosmobil mencoba menditeksi beberapa bunyi yang sering terjadi pada kendaraan yang mungkin dapat membuat mobil anda keritis atau rawan kerusakan. Apa saja bunyi itu? Simak saja ulasan ringan dibawah ini :
1. Suara dengung di mesin

Periksa van belt, mungkin terlalu kencang. Efek bila didiamkan saja komponen ini bisa putus yang memicu tidak bekerjanya water pump dan alternator (dinamo ampere) yang dapat mengakibatkan mesin overheating maupun batere (aki) tidak mendapat pengisian arus yang nantinya akan membuat kendaraan menjadi mogok. Kondisi van belt yang abnormal (terlalu kendor) juga bisa menimbulkan bunyi lain, yaitu bunyi mencicit. Efek buruknya sama dengan van belt terlalu kencang.

2. Suara dengung di roda

Hal ini biasa terjadi saat mobil diajak lari dengan kecepatan tinggi (di atas 40 km/jam). Periksa bagian kaki-kaki, terutama bearing roda dan roda-rodanya. Bila suara terdengar dari depan, berarti pemeriksaan harus dilakukan di roda-roda depan. Mungkin saja bearing roda sudah aus, atau permukaan roda-roda sudah tidak rata. Memang tidak terlalu berdampak ke bagian lain, tetapi suara ini cukup mengganggu kenyamanan.

3. Suara berisik seperti logam bertubrukan di bagian depan

Terutama ketika melewati permukaan jalan yang rusak (berlubang). Periksa bagian kaki-kaki, terutama tierod dan end rod. Kemungkinan komponen ini sudah aus (tidak presisi lagi) sehingga menimbulkan bunyi saat beroperasi.

4. Suara kasar di mesin saat AC dihidupkan

Periksa kompresor AC, kemungkinan ada bearing kompresor AC yang rusak atau oli kompresor bermasalah (ada kebocoran). Jika dibiarkan akan membuat kerusakan pada kompresor itu sendiri.

5. Suara kasar seperti dua logam berbenturan

Terutama ketika gas kita hentak. Kasus ini biasanya terjadi pada kendaraan dengan sistem penggerak roda belakang. Periksa propeller shaft (kopel), kemungkinan cross joint-nya sudah aus bahkan pecah. Selain bersuara kasar, body mobil juga bisa bergetar terlalu keras bila propeller shaft tidak balance.


Semoga dengan adanya wacana ringan ini, Anda khususnya para pemilik dan pengguna kendaraan akan lebih peduli dengan suara abnormal yang keluar dari kendaraan Anda.
(sumber bosmobil.com)

« Previous
 
Next »
 

0 komentar:

Your comment / Waspada 5 Suara Abnormal Pada Kendaraan Kesayangan Anda