Cara Memilih Helm Yang Aman dan Nyaman Panduan Memilih Helm Yang Pas

                                                                     
Source : Google.com
Ada beberapa tahap penting dalam penentuan pemilihan helm yaitu pengukuran, dicoba, cek pergerakan horisontal dan vertikal, mengecek retensi atau kekuatan penahanan, mengecek titik tekanan dan memastikan pilihan. Tidak ada salahnya anda simak satu per satu dalam penentuan pemilihan helm, simak berikut ini.
Yang pertama adalah pengukuran. Anda harus mengukur kepala adalah titik awal prosedur penentuan helm yang cocok. Karena bentuk kepala yang berbeda-beda, kepala yang kelihatan berukuran sama saat diukur, bisa saja akan berbeda ukuran helmnya. Lingkaran kepala harus diukur sekitar 1 inchi dari alis pada bagian depan hingga ke titik di belakang kepala yang
memberikan pengukuran terbesar. Jadi anda harus mengukur beberapa kali hingga dapat dipastikan pengukuran terbesar.
Kedua adalah dicoba. Setelah ditentukan ukuran awal tadi, pilihlah helm yang paling mendekati ukuran tersebut. Bila ukurannya berada di tengah-tengah antara 2 ukuran helm maka cobalah ukuran yang lebih besar.
Apabila anda cukup familiar dengan helm maka anda akan bisa mengikuti instruksi berikut bagaimana cara memasang helm dengan baik. Pertama adalah memegang helm pada bagian pengikat dagu, dengan arah depan helm menghadap muka anda dan bagian atas helm mengarah ke bawah. Lalu letakkan masing-masing jempol di bagian dalam pengikat dagu dan seimbangkan helm dengan jari telunjuk. Setelah itu gunakan tangan untuk meregangkan helm dan coba pasang helm di kepala anda.
Pelindung kepala dengan bentuk yang berbeda-beda maka akan terpasang pada kepala dengan cara yang berbeda pula. Terkadang bagian depan helm harus masuk dulu tapi kadang-kadang juga bagian belakang yangg harus duluan masuk. Jika helm masuk ke kepala tanpa ada hambatan maka hal itu menandakan bahwa helm tersebut terlalu besar dan begitu pula sebaliknya.
Banyak orang yang tidak begitu familiar dengan helm sehingga malas memaksakan untuk menekan helm masuk saat merasakan ada sedikit hambatan saat memasangnya. Untuk memastikan bahwa sebuah helm kekecilan adalah dengan memaksa helm masuk ke kepala
dan hanya jika benar-benar mustahil untuk masuk, barulah ambil ukuran helm berikutnya (yang lebih besar). Sehingga banyak orang memilih helm yang terlalu besar untuk kepala mereka dan mereka akan menyesal karena helm yang tidak sesuai akan cenderung lebih melelahkan saat dikenakan.
Jadi anda harus pastikan helm terpasangan dengan seimbang pada kepala anda, gunakan posisi mata pada bagian eye port untuk helm full face. Mata harusnya berada kira-kira di tengah-tengah dengan pinggir paling atas berada dekat tepat di atas alis mata.
Cek pergerakan horisontal dan vertikal. Saat anda sudah menggunakan helm, coba kenakan cermin untuk melihat lebih jelas bagaimana terpasangnya. Cobalah anda lihat apakah penekan pipi menempel pada pipi dan perhatikan apakah tekanannya terlalu kuat. Setelah melakukan pengecekan visual, pegang helm dengan kedua tangan di kedua sisi. Cobalah putar helm dari satu sisi ke sisi lain, apakah ada pergerakan kulit selama perputaran tersebut juga perhatikan besarnya resistansi dari pergerakan itu.
Anda juga harus lakukan pengecekan gerakan ke atas dan ke bawah, cermati sekali lagi apakah ada pergerakan kulit dan besar resistansinya. Jika pada kedua tes tersebut terjadi pergerakan kulit yang sangat sedikit atau sama sekali tidak ada
maka helm tersebut terlalu besar. Helm yang tepat untuk ukuran anda, akan membuat kulit bergerak saat helm digerakkan
dan bila diberikan tekanan di sekitar kepala maka tekanan tersebut akan dirasakan merata oleh pemakainya. Cara tepat dalam memilih helm yang cocok adalah mencari helm yang paling pas untuk dikenakan dan perhitungkan juga lama waktu pemakaian helm.
Cobalah anda cek retensi atau kekuatan penahanan dengan mengeratkan pengikat dagu. Tegakkan kepala anda, pegang bagian atas helm dengan salah satu tangan. Setelah itu jari-jari tangan lain memegang sisi-sisi bahwa helm, cobalah untuk memutar helm keluar dari kepala. Bila hal itu terjadi maka menandakan helm tersebut terlalu besar.
Sebaiknya anda hindari menggunakan helm yang bisa terlepas dari kepala anda dalam keadaan strap penahan terpasang. Lakukan tes ini karena memang sangat penting dengan memberikan tarikan yang sedikit keras, tapi jangan sampai menyakitkan.
Cek titik tekanan dengan cara melepas penahan dagu dan lepaskan helm dari kepala. Setelah helm dilepaskan, gunakan cermin untuk mengamati perbedaan warna di kulit terutama pada bagian pipi dan dahi. Sedikit kemerahan di beberapa titik kecil mengindikasikan titik-titik tekanan dan akan terlihat setelah beberapa menit atau jam setelah penggunaan helm. Hal ini akan menyebabkan sakit kepala atau paling tidak ketidaknyamanan.
Jika terlihat titik tekanan maka ingat-ingat apakah waktu helm dipakai, anda merasa tidak nyaman pada titik-titik tersebut. Tidak ada salahnya anda mencoba memasangnya kembali helm untuk beberapa saat dan perhatikan dengan seksama titik-titik tekanan tersebut. Apabila tekanan pada titik-titik itu membuat tidak nyaman maka gantilah helm ke ukuran lebih besar berikutnya.
Satu cara untuk memastikan kecocokan helm yang anda pilih adalah mencoba helm yang satu ukuran lebih besar dan satu ukuran lebih kecil. Atau cara lainnya adalah dengan menggunakan helm yang dipilih untuk beberapa saat selama di toko agar anda bisa memperhatikan titik-titik tekanan yang akan muncul.
Yang perlu anda ingat adalah tidak ada helm yang mampu melindungi penggunanya dari semua kemungkinan kejadian. Untuk perlindungan maksimal, helm harus terpasang dengan baik dan harus memberikan pandangan keluar yang cukup penahan dagu harus terpasang dengan baik dan kuat. So, jangan salah pilih ya?

(Sumber : Motorplus-online.com)  
« Previous
 
Next »
 

0 komentar:

Your comment / Cara Memilih Helm Yang Aman dan Nyaman Panduan Memilih Helm Yang Pas