Pilih Helm yang Tepat

Pentingnya Helm Sebagai Safety Riding
Source : Google.com
Ada dua tipe helm yang bisa anda kenakan, yang sudah pasti dianjurkan untuk safety riding. Yang pertama, full face, perlindungan yang diberikan helm jenis ini adalah seluruh bagian kepala, dari mulai permukaan wajah, seluruh bagian kepala belakang dan dagu. Tapi helm full face tidak memberikan proteksi optimal terhadap leher.
Kedua, half face (3/4), perlindungan yang diberikan helm jenis ini adalah hampir
sama dengan helm Full Face, tapi tidak memberikan proteksi maksimal untuk bagian wajah dan dagu. Jika menggunakan helm jenis ini sebaiknya menggunakan Goggles atau kacamata jika helm tersebut tidak dilengkapi kaca pelindung.
Pilihlah helm yang telah berlabel stiker DOT. Hal ini bermaksud adalah Helm tersebut telah memenuhi Safety Test Standard yang dilakukan oleh suatu lembaga resmi untuk pengujian Helm.
Jangan menggunakan HELM "cetok" karena helm seperti ini tidak akan dapat melindungi kepala pada saat terjadi kecelakaan.
Pilihlah kaca pelindung helm yang dapat melindungi mata serta dapat memberikan keleluasaan dalam pandangan. Anda juga harus memilih helm yang memiliki kaca pelindung transparent (tidak berwarna hitam), karena sangat berbahaya bila digunakan pada saat malam hari.
Pilihlah helm yang sesuai dengan ukuran kepala dan nyaman dipakai. Jangan menggunakan helm yang pernah terbentur, karena helm tersebut tidak memiliki perlindungan yang optimal.
Masa waktu penggunaan Helm adalah 3 tahun sejak dikeluarkan oleh pabrik, untuk menghindari masa expires pada saat dikeluarkan oleh pabrik dan dipasarkan di toko gunakan helm selama 2 tahun.
Untuk memilih kuran Helm yang sesuai dengan ukuran kepala, tidak boleh sembarangan, asal masuk kepala, ukuran sudah dianggap pas dan sesuai dengan kepala. Jadi perhatikan hal yang lain, simak berikut ini.
Bagian dalam samping helm harus dirasakan menekan pipi, terasa agak kencang, tapi masih dalam batas kenyamanan pemakai.
Gelengkan kepala ke kanan dan ke kiri, helm harus tetap mengikuti. Sedikit saja ada gerakan yang mengganggu, besar kemungkinan ukuran helm belum sip atau kebesaran.
Pandangan ke depan usahakan tetap fokus saat helm dipakai. Tidak terganggu baik oleh bentuk helm, maupun tekanan yang ada dikepala. Tahan sekitar 30 detik. Kalau pelipis terasa sakit, maka helm itu kurang pas.
Dorong bagian helm ke atas, kalau sangat mudah lepas dan dapat dimiringkan melebihi 45 derajat, berarti helm terlalu longgar. Andai saja terpelanting saat dipakai, pasti pelindung kepala ini akan lepas. Jadi pilihlah yang tepat agar safety, ok bro.

(Sumber : Motorplus-online.com)


« Previous
 
Next »
 

0 komentar:

Your comment / Pilih Helm yang Tepat