Lampu Indikator Accu Menyala - Segera Periksa Alternator


Jakarta,(sumber)BosMobil.com - Sejatinya, alternator berfungsi untuk sumber energi listrik di mobilanda dan pengisian accu mobil anda. Biasanya alternator bermasalah diikuti dengan nyalanya lampu indikator accu saat mesin mobil hidup. “Ada 3 kemungkinan. Pertama, alternator tidak terjadi pengisian atau rusak. Kedua, belt alternator putus, berarti alternator tidak rusak. Ketiga, sikering ataupun terdapat kabel yang putus, tetapi hal ini jarang sekali,” buka Charlie, kepala mekanik dari Engine+.
Lampu Indikator Accu
Charlie juga memberikan cara yang mudah untuk mengetahui jika alternator rusak atau tidak. “Caranya, nyalakan mesin anda dengan keadaan idle. Lalu copot salah satu kabel accu-nya, kalau mesin mati berarti alternator bermasalah. Tetapi kalau tetap hidup, berarti accu sudah harus diganti,” ucap Charlie.
Alternator
Jika memang alternator yang rusak, segeralah bawa kendaraan ke bengkel terdekat. “Bisa dilakukan servis, misalnya ganti gulungan kumparan, lalu IC Regulator. Tergantung komponen apa saja yang rusak,” tambah Charlie. Biaya yang dikenakan untuk servis alternator adalah Rp. 350-450 ribu. Solusi lain adalah beli bekas yang masih bagus. “Kalau ini biayanya sekitar Rp. 750 ribu untuk mobil Asia. Tetapi kalau mobil Eropa mencapai Rp. 2 juta. Cara yang lain lagi, ya beli baru hehehe,” tutup Charlie.
Sumber : Engine+, Jl. Boulevard Raya RA 27 No 6 Kelapa Gading, Jakarta Utara, Ph : (021) 4515890

« Previous
 
Next »
 

1 komentar:

Mobil saya saat menerabas genangan air, akan menimbulkan hidupnya lampu indikator alternator tsb, namun setalah melewatinya beberapa saat lampu indikator tsb akan mati. Ini selalu terjadi.
Kira-kira apakah ini normal atau tidak?
Hal ini terjadi hanya ketika merabas genangan air, terlebih dengan kecepatan ?

Your comment / Lampu Indikator Accu Menyala - Segera Periksa Alternator