Capasitor Bank Listrik Tetap Stabil


Source : google.com
Bagi bikers yang senang memasang variasi kelistrikan seperti pasang klakson banyak, lampu strobo atau dim serta yang senang audio. Cara ini awalnya dipasang di mobil khususnya penggemar audio tetapi kini juga bisa digunakan bagi pengendara motor juga loh.
Agar kemampuan listrik ledak ngedrop, pasang kapasitor bank. Fungsinya seperti bank atau tabungan yaitu menyimpan muatan listrik seperti cadangan. Jika tiba-tiba disedot oleh lampu strobo atau
audio maka listrik di aku tidak habis. Karena yang pertama kali disedot dari kapasitor duluan.
Jika anda ingin mengetahui bagaimana cara memasangnya, simak berikut ini. Yang pertama adalah membeli dulu kapasitor di toko elektronik atau toko audio mobil. Paling rendah 33.000 mikrofarad 100 volt, harganya pun sekitar Rp. 80.000 - 150.000. Ada baiknya jika bikers membeli juga relay kaki empat merk Hella dan Soket yang biasanya berwarna kuning, harganya murah sekitar Rp. 20.000.
Setelah itu, pada kaki kapasitor ada dua yaitu kaki negatif yang disambung pada kabel dengan cara menggunakan soket. Sebaiknya anda ukur panjang kabel, jangan terlalu panjang. Lalu hubungkan pada rangka motor sebagai massa.
Untuk kaki positif untuk setrum. Kaki positif sebaiknya sambungkan pada kabel juga dengan cara menggunakan soket dan jangan terlalu panjang. Lalu hubungkan menuju kaki relay nomor 87.
Memasang relay yang sebenarnya untuk menghentikan kerja kapasitor saat mesin mati. Agara leih mudah , pada kaki relay ada nomor 30, 85, 86 dan 87. Lalu sambungkan kabel nomor 87 dari positif kapasitor.
Kaki nomor 30 dihubungkan pada terminal positif aki. Kaki nomor 86 menggunakan kabel dihubungkan menuju mass bodi. Kaki nomor 85 dihubungkan menuju kabel kunci kontak positif (khusus motor Scorpio, kabelnya oranye coklat). Selamat mencoba.

(Sumber : Inbike.org)

« Previous
 
Next »
 

0 komentar:

Your comment / Capasitor Bank Listrik Tetap Stabil