Tips Cermat Memilih Mobkas


Sumber (bosmobil.com)

Menjelang hari raya layaknya lebaran yang sebentar lagi akan dirayakan ini, ternyata penjualan mobil second alias mobil bekas tak kalah melonjak dengan penjualan mobil baru. Kebanyakan dikarenakan harganya yang jauh trjangkau ketimbang new car yang fresh dari dealer, dengan kata lain mobil second telah menjadi alternative tersendirI bagi mereka yang memiliki baudget terbatas.

Bagi sobat yang sedang atau kepengen membeli mobil second ada baiknya sobat mencermati dulu keadaanya, sebab mobkas atau mobil belum tentu bisa dijamain 100% keadaanya. Sangat variatif jadi sobat tidak boleh asal pilih atau cepat tergoda dengan harga yang ditawarkan atau hanya dari tampilannya saja. Untuk sedikit mengantisipasi kerugian, Bosmobil akan bagi-bagi tips dalam membeli mobkas. Simak ulasanya, semoga dapat bermanfaat yaah…

 
Langkah awal sebelum membeli adalah dengan memikirkan terlebih dahulu tujuan sobat membeli mobil, baik dari kebutuhannya, jenisnya dan penggunaanya. Karena hal ini dapat mengkategorikan kendaran yang para sobat cari. Selanjutnya faktor-faktor kelebihan yang sobat cari seperti fiturnya, misalkan sobat mencari mobil yang sudah memiliki sistem keamanan berkendara dengan adanya piranti rem ABS, airbag, child door lock dan lainnya. Yang terakhir dan tak kalah pentingnya adalah masalah isi dompet sobat sendiri atau budget yang dimiliki. Untuk memboyong kendaraan mobkas sobat, perkirakan sisi finansialnya, termasuk dengan biaya awal atau DP bila sobat membeli kendaraan menggunakan jasa kredit.

Setelah semua itu selesai, maka dengan sendirinya akan mendapatkan gambaran menegenai kendaraan yang sedang sobat cari, mulai dari merek sampai dengan jenisnya. Cari informasi sebanyak-banyaknya dari teman yang sudah menggunakan kendaraan tersebut, atau lihat ulasannya dari media-media yang ada, jangan lupa perhatiakan juga resale veluenya.
Selanjutnya tinggal menyambagi showroom mobkas dan memilih kendaran yang telah ditentukan, tapi tetap ada triknya jangan tancap gas. Ada beberapa hal yang wajib perhatiakan pada saat sobat telah menentukan mobkas mana yang akan diboyong, perhatikan rambu-rambunya:

1.       Cermati dan Periksa secara Seksama:
Periksa bagian bodynya, apakah ada tanda-tanda bekas tabrakan atau lecet, sekali-kali ketok di beberapa bagian untuk menunjukan apakah body masih berbunyi kaleng murni yang nyaring atau sudah dempulan dengan bunti padat. Tak ktinggalan perhatikan lapisan kelir catnya apakah masih origi atau sudah di daur ulang. Setelah itu mesinnya, mudahnya dilihat dari odometer, bila terasa sudah ribuan kilo, maka siap-siap menrogo kantung lagi untuk biaya perawatan extra. Cermati bagian yang bocor di sektor mesinnya, misal oli yang rembes dari head mesin karena packing yang sudah harus diganti dan membuat mobil harus digantung alias turun mesin. Cara lainnya dengan mendengar olah vocal mesinnya, apakah halus atau hingar binger. Janga lupa menekan gas saat mesin hidup untuk melihat apakah ada asap yang keluar atau tidak, jika ada sangat dipastikan bagian ring seher atau sil klepnya sudah harus diganti. Lainya seperti, filter bensin, oli, udara, aki, belt juga harus di cek.

Lanjut ke kaki-kakinya, yang ini sobat harus mengets dengan keadaan berjalan, alias test drive. Mobil yang masih bagus bagian kaki-kakinya ketika melibas trek keriting atau bergelombang akan tetap stabil dan tak terdengar suara-suara sumbang. Coba belokan setir pada saat berjalan, kalau terdengan “kletek-kletek” tandanya as roda sudah harus pensiun alias diganti. Injak rem apakah masih bagus atau sudah dalam, karena terlalu dalam, berarti juga sudah pensiun, cek juga bagian roda, shockbreaker dan velgnya. Masuk ke interior, sobat harus jeli di bagian doortrim, dashboard, plafon untuk melihat apakah masih original atau sudah polesan ulang. Tes juga kelembapan AC nya apakah masih terasa dingin atau hanya sekadar angin saja yang keluar.

2.       Jangan terlalu nafsu dan terburu-buru, tetap berkepala dingin.
Eiiitt…jangan terburu-buru, sebelum memboyongnya pulang sobat harus cermati harus surat-suratnya baik STNK atau pun BPKBnya. Sesuaikan nomor mesin yang ada di STNK dengan yang ada di mesin, juga warna dan pajaknya. Hal ini penting dilakuakan karena menyangkut keabsahan suatu kendaraan.

3.       Kalau semuanya beres dan sesuai dengan jeritan hati Anda, berarti tinggal masuk ke masalah pembayaran.
Masalah harga memang relative, karena sesuai dengan tingkat dan kondisi keadaan kendaraanya, begitu juga dengan tingkat budget yang sobat miliki. Bila ternyata sobat memilih melakukan pembayaran dengan mengangsur atau melalui kredit, maka yang paling aman adalah menentukan berapa besar kemampuan keuangan untuk membayar bulanannya. Cara yang mudah, angsuran tidak boleh lebih dari 20% penghasilan per bulan setelah dipotong pengeluaran. Perhitungkan juga biaya perawatan, pajak, asuransi dan operasional. Dan juga lupa, bila di showroom mobkas menyediakan pilihan beberapa jasa kredit, pilihlah yang sudah memiliki reputasi baik.

Sekian tips dari Bosmobil, semoga dapat membantu sobat untuk mendapatkan mobil impian sobat. Selamat hunting mobkas dan jangan lupa tetap cermat dalam memilih.

« Previous
 
Next »
 

0 komentar:

Your comment / Tips Cermat Memilih Mobkas