Memasang Variasi Tuas Fleksibel


Source : google.com
Jari sudah menjangkau tuas rem? Jangan keburu minder karena sekarang sudah banyak beredar tuas rem yang dilengkapi klik pengatur kekerasan sekaligus jarak main tuas. Di tombol ada angka 1 hingga 4 yang berfungsi mengatur keras-lunaknya pengereman.
Pada toko variasi banyak beredar aneka merk dan harga, jadi tinggal memilih sesuai dengan jenis motor anda serta kondisi kantong.
Ada dua model tuas seperti ini. Untuk rem teromol dan
cakram, keduanya dibedakan dari ujung yang menghubungkan tuas rem dengan switch-nya atau sakelar lampu rem. Untuk rem teromol sebaiknya ujung yang menghubungkan switch memiliki bentuk lancip. Sedangkan tuas cakram memiliki bentuk memanjang.
Cara memasangnya pun cukup mudah. Untuk motor yang memiliki master rem tertutup cover lampu, pasti harus dibuka dulu. Lalu siapkan tuas baru yang sudah dilengkapi pengatur kekerasan.
Tetapi sebelum dipasang sebaiknya tuas lama harus dilepas terlebih dulu. Jadi lebih memudahkan anda memasang tuas baru pada kedudukan lamanya.
Biasanya tidak ada masalh, hal ini karena posisi dudukan dan ukuran baut sama-sama menggunakan ukuran 10. Kalau sudah terpasang rapi maka anda pasangkan kembali baut-bautnya dan kencangkan dengan menggunakan kunci ring 10.

Setelah terpasang, sebaiknya anda cek kekerasan melalui angka sesuai yang diinginkan. Semakin tinggi angka yang dipilih maka semakin keras pengereman yang diinginkan. Tetapi sebenarnya keras atau lembutnya tergantung pada jarak main tuas. Pada angka 1, jarak main lebih panjang. Hal ini yang menyebabkan tuas rem lebih enteng.
Sedangkan untuk bikers yang memiliki CBR150 dan ingin memasang tuas fleksibel ini maka harus bekerja sedikit lebih keras lagi. Pada ujung yang menghubungkan switch harus digerinda sekitar 1 mm hingga menyerupai bentuk cekungan agar tidak terpentok switch. Selamat mencoba.

(Sumber : Motor Plus)
« Previous
 
Next »
 

0 komentar:

Your comment / Memasang Variasi Tuas Fleksibel