Memperbaiki dan cegah Kampas Kopling Yang Terbakar Cegah Kampas


Source : google.com
Bagi motor yang memiliki kopling manual terkadang menemukan masalah karena kampas kopling cepat terbakar. Padahal baru diganti tapi kampas kopling sudah hitam alias terbakar.
Setelah dianalisan ternyata rumah kopling cukup rapat sehingga oli tidak bisa maksimal melumasi susunan kampas kopling. Jadi agar oli bisa bersirkulasi maka sebaiknya anda buatkan lubang baru.
Jika anda ingin mengerjakannya sendiri sebaiknya anda buang dulu oli mesin lalu lepaskan kabel kopling dari tutup girboks kanan. Setelah itu, ambil kunci T 8 untuk melepas 10 baut pengikat tutup bak kopling. Ketok perlahan untuk membuka tapi usahakan paking tidak robek agar bisa dipakai kembali.Gunakan kunci T 10 untuk melepas empat baut pengikat per kopling. Kemudian angkat pelat pengangkat
atau panel rumah kopling. Kalau susah, gunakan obeng min untuk mencungkilnya.
    
Cabutlah susunan kampas dan pelat kopling satu-satu agar anda tidak bingung saat ingin memasangnya kembali. Jangan lupa mengingat susunan waktu membuka, setelah itu sediakan bor tangan dengan mata bor 4 mm.
    
Lubangi panel atau pelat pengangkat rumah kopling, ingatlah berapa lubang bisa dilihat. Lalu lubangi juga rumah kopling, satu sirip satu lubang dan terus memutar.
    
Bersihkan geram dengan menggunakan bensin lalu semprot dengan menggunakan angin kompresor. Pasang kembali kampas dan pelat kopling. Paling duluan kampas yang berukuran kecil lalu dua pelat yang paling kecil. Susunannya pelat datar dan disusul pelat per.
    
Setelah itu anda tinggal kampas lebar dan disusun bergantian dengan pelat lebar. Tapi anda harus ingat, saat memasang pelat permukaan yang menggembung menghadap ke dalam agar kampas tidak selip.
Perlu diingat juga saat pasang panel atau pelat pengangkat. Tanda titik di panel dan di rumah kopling harus ketemu. Setelah itu, pasti mudah karena tinggal kebalikan dari membongkarnya. Tapi jika anda tidak yakin untuk membongkarnya sendiri sebaiknya anda serahkan kepada ahlinya.

(Sumber : Motorplus-online.com)

« Previous
 
Next »
 

0 komentar:

Your comment / Memperbaiki dan cegah Kampas Kopling Yang Terbakar Cegah Kampas