CD Yang Baik Bikin Head Unit Awet


Jakarta, (sumber)BosMobil.com - Sadar atau tidak, sering kali kita mengeluhkan head unit pada sistem pemanja telinga di mobil memiliki kinerja yang tidak maksimal lagi. Secanggih apapun teknologi pada head unit baik bawaan maupun after market, kalau kita tidak bijak dalam menggunakannya pasti akan cepat mengalami penurunan kemampuan.
Tips Rawat Head Unit
Tips Rawat Head UnitPada sebuah head unit, terdapat komponen inti yang bertugas untuk membaca data dalam kepingan CD, piranti tersebut kita kenal dengan nama optik. Menurut Theodorus N, installer dari workshop Lux’e yang bermarkas di Gading Serpong, optik bisa di ibaratkan sebuah mata pada manusia. "Apabila mata membaca tulisan yang tidak jelas dan terlalu kecil secara terus menerus dan berulang-ulang, pasti mata kita akan rusak. Begitupun dengan optic pada head unit bila selalu dijejali CD yang tidak baik pasti juga akan rusak," ungkapnya.

Dalam pertemuannya kali ini dengan redaksi BosMobil, Theo (panggilan akrab Theodorus N) memberikan sumbang saran berkaitan dengan CD yang anda gunakan agar head unit anda tetap bekerja dengan optimal dan tak kalah pentingnya mempunyai umur yang panjang atau awet.
Berikut adalah tips ringan yang bisa menjadi bekal anda.
Hindari Kepingan CD Scratch Atau Gores
Tips Rawat Head Unit
Sering kita mendengar bunyi ‘ngecit’ pada saat memutar lagu atau player yang menolak untuk membaca, dan CD anda keluar lagi. Gejala tersebut kemungkinan besar karena kepingan CD yang kita masukan ke dalam head unit mengalami scratch atau permukaan yang sudah tergores. Walaupun CD yang anda beli asli, kalau tidak dirawat dengan baik pasti ujung-ujungnya sebab akibat dan head unit anda yang akan menjadi korban. Bila sudah begini, baiknya anda menjaga kondisi kepingan CD kesayangan anda dengan perawatan yang benar.

Lindungi Kepingan CD Agar Terhindar Dari Kerusakan


Tidak mau piringan lagu kesayangan anda cepat rusak bahkan sampai merambat ke head unit, maka informasi ini harus anda perhatikan. Scratch bisa ditimbulkan karena permukan CD yang bergesekan dengan benda yang tidak semestinya. Maka dari itu, berhati-hatilah saat meletakan kepingan CD ini. Simpanlah CD di tempat yang memungkinkan menyebabkan tergores dengan meletakannya pada kotak CD yang banyak dijual di pasaran.
Tips Rawat Head Unit
Sebisa mungkin hindari kepingan CD kontak langsung dengan sinar matahari seperti meletakanya di atas dashboard. Dan yang tak kalah penting adalah bersihkan kepingan CD anda secara rutin dengan lap yang memiliki bahan yang mempunyai tekstur lembut seperti lap kacamata serta baiknya gunakan cairan pembersih CD.

Jangan Gunakan CD Bajakan
Tips Rawat Head Unit
Memang tak ada kaitan langsung dengan kampanye anti pembajakan, tapi hindarilah kepingan CD bajakan. Bila di cermati, kepingan CD bajakan tidak mempunyai ketebalan yang konsisten, hal ini dapat memaksakan kerja head unit karena masuk benda asing. Selain itu format file lagu pada CD bajakan yang terlalu kecil dengan ratusan lagu didalamnya membuat optic akan kesulitan membaca data dengan baik dan benar.

« Previous
 
Next »
 

0 komentar:

Your comment / CD Yang Baik Bikin Head Unit Awet