Cara Mudah Mengganti Sil Magnet


Source : Google.com
Oli berkurang bukan hanya dikarenakan ring saher atau piston yang melemah ataupun sil klep longgar. Tapi bisa juga dikarenakan pelumas yang merembes dari sil magnet. Letaknya di sebelah kiri karter dan di belakang magnet sehingga disebut sil magnet padahal bukan.
Kejadian ini biasa ditemukan pada bebek 4-tak yang mengusung mesin C-Series. Biasanya jenis motor ini menganut sistem ruang magnet kering karena disekat oleh sil magnet.

   
Jika sil bocor maka pelumas merembes lewat lubang pembuangan. Biasanya oli mesin motor akan berkurang terus. Padahal asap knalpot tidak putih dan tidak ada tanda oli terbakar maka hal ini bisa dipastikan berasal dari sil magnet.
    
Cara memperbaikinya mudah saja dan anda bisa mempraktekkannya langsung. Pertama-tama, bukalah tuas persneling, footstep dan tutup gir depan. Setelah itu, gunakan kunci T 8 untuk melepas empat baut tutup magnet.
    
Lanjut melepas magnet. Gunakan kunci sok 14. Dibarengi dengan menahan magnet agar tidak ikut berputar. Bisa juga ditahan obeng min ke bodi motor atau pembuka filter oli. Disusul memakai treker untuk melepaskan magnet.
    
Setelah magnet terbuka, tinggal lepas gir starter dan rantai. Jadi gir starter itu letak sil-nya. Gunakan obeng kembang untuk mencungkil dan angkat sil yang menempel di tutup karter. Bawalah contoh sil tersebut ke toko spare-parts untuk mendapatkan gantinya.
Langkah terakhir, anda tinggal memasangnya kembali. Tapi anda harus hati-hati saat memasang sil jangan sampai miring. Gunakan kepala kunci sok seukuran lingkar luar sil untuk menekannya. Dilanjut pemasangan kembali dengan mengikuti kebalikan langkah saat membongkar. Semoga bermanfaat untuk anda.


(Sumber : Motorplus-online.com)

« Previous
 
Next »
 

7 komentar:

Masang sil mahnet supra fit sudah ganti yang baru tetap masih bocor

aus x

Sil magnet udh di ganti yg baru, dpt 2 hr udh bocor lg. Apa penyebab nya???

Sil magnet udh di ganti yg baru, dpt 2 hr udh bocor lg. Apa penyebab nya???

Sil magnet udh di ganti yg baru, dpt 2 hr udh bocor lg. Apa penyebab nya???

mr.jack klo posisi pemasangan sil magnet seharusnya yg ada pernya menghadap keluar atau ke dalam blok.. semisal sil magnet f1zr itu??? tks please answer..

Saya juga sama

Your comment / Cara Mudah Mengganti Sil Magnet