Safety dengan Kuasai Body Steering


Source : Google.com
Selama bertahun-tahun, telah ada banyak keraguan mengenai pentingnya countersteering. Secara sederhana ditekankan bahwa countersteering atau membelokkan stang motor berlawanan arah dengan arah tikungan yang anda kehendaki merupakan cara terbaik mengendalikan motor anda.
Akan tetapi, masih saja sekelompok kecil pengendara yang berkeras bahwa dalam upaya menekankan pentingnya countersteering sebagai metode yg efektif untuk menikung, metode yang lebih advance justru diabaikan. Body steering menggunakan kaki dan tungkai kaki
pengendara untuk memberi input pada stang sehingga dapat menikung secara cepat dan terkendali.
Sebelum bereksperimen dengan body steering, seorang pengendara harus ahli dulu melakukan counter steering. Sebelumnya , kebiasaan buruk seperti mengendarai dengan siku terkunci atau penempatan posisi badan yang yang kurang tepat dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan efektifitas body steering. Dimulai dengan mengendarai motor melalui jalan yang anda kenal dgn baik (dengan space yang cukup).
Dengan menggunakan foot ball, tempatkan berat pada footstep motor. Fokus pada posisi anda, pastikan untuk menahan perut anda dengan otot perut sementara siku anda menekuk dan tangan anda dilemaskan. Berikutnya, pilihlah sebuah tikungan untuk mencoba teknik ini. Pada titik masuk tikungan, counter steer sambil menekan ke bawah footstep dalam dan tarik lutut luar anda kedalam-kebawah melalui bag dalam tikungan. Coba dengan variasikan kekuatan pada kaki/siku ketika melakukan counter steering pada sejumlah variasi tikungan untuk mempelajari kombinasi yg tepat antara countersteering dan body steering.
Walaupun body steering merupakan cara yang lebih efektif untuk menikung di beberapa tikungan tertentu, teknik ini sec khusus sangat cocok untuk memperbaiki garis menikung (racing line) atau menekuk motor anda untuk mendapatkan radius putar yg lebih kecil. Dengan menggunakan tubuh bagian bawah untuk mengubah jalur motor ketika rebah (nikung rebah) tangan anda akan bebas untuk mengontrol gas. Juga dengan menggunakan kaki untuk mengendalikan motor, tangan anda akan dalam keadaan relax sehingga memudahkan stang untuk bergerak ketika traksi ban berkurang.
Beberapa rider menyatakan mereka tidak hanya menekan bag dalam tikungan dengan lutut mereka (artinya lutut menggesek aspal pas nikung) tetapi juga menarik body motor agar lebih rebah dengan kaki satunya lagi (red: kaki yang disisi luar tikungan) dengan tetap menjaga kaki tersebut berpijak pada footstep.
Body steering tidak hanya berguna untuk menikung, teknik ini dapat dibalikkan dengan mengaplikasikan berat pada footstep bagian luar untuk melebar pada tikungan sedang. Pada titik keluar tikungan, body steering dapat membantu untuk menegakkan motor bila digunakan dengan counter steering, ketika tangan anda sibuk mengontrol gas atau pindah gigi.
Bila digunakan dengan tepat body steering dan counter steering dapat membantu anda menikung dengan smooth serta cepat pada berbagai macam tikungan. Jadi kalau ingin ahli menunggangi motor, mulai belajar deh dari sekarang. Tapi ingat lakukan di lapangan agar lebih safety, ok bro n sis.

(Sumber : bengkelmotor.blogspot.com)



« Previous
 
Next »
 

0 komentar:

Your comment / Safety dengan Kuasai Body Steering