OMG.. Air Radiator Kosong?


Jakarta,(sumber)BosMobil.com - Saat asyik berkendara, tiba-tiba jarum temperatur suhu mesin di indikator naik hingga jarum H (Hot). Lalu anda berhenti untuk memeriksa air radiator. Ternyata air radiator kosong. Oh My God? Kemanakah air tersebut? Jika mengalaminya, jangan panik bos, apalagi bunuh diri. Tunggu suhu mesin turun, kemudian isi dengan air biasa sampai penuh untuk keadaan darurat dan bawa mobil anda ke bengkel terdekat.
Air Radiator
“Nah, kalau sudah begini, biasanya terjadi kebocoran di sistem pendingin mesin. Harus diperiksa satu persatu,” buka Choiril yang mempunyai tempat servis pendingin udara di seputaran Jakarta Timur. Kebocoran yang paling jelas bisa terjadi pada upper tank pada radiator. “Ada 2 opsi untuk memperbaiki bocor pada area ini. Mengganti yang baru atau dibuat custom dari bahan kuningan,” ucapnya. Upper tank dijual di pasar mobil, sedangkan untuk custom dari bahan kuningan harus dibuat ulang.
Air Radiator
Air Radiator
Berikutnya, selang-selang radiator juga bisa menjadi sumber bocor karena bahan karet yang akan getas jika sudah berumur. Sama juga dengan pipa radiator yang mengalirkan air ke water pump. “Kalau pipa ini bocor terjadi karena karat, harus diganti, tidak bisa diperbaiki,” tambahnya.
Air Radiator
Air Radiator
Bagian lainnya yang kemungkinan bocor adalah water pump, heater udara yang terletak di sistem pendingin udara dan packing head cylinder. “Jika heater udara, solusinya di bypass saja selangnya. Kalau packing cylinder head bocor karena pernah mengalami kenaikan suhu pada mesin lalu dipaksa jalan,” tambahnya. Jika semua sudah diperiksa dan diperbaiki, jangan lupa menggunakan air radiator coolant.
Air Radiator
Semoga informasi ini bermanfaat untuk BosMobil lovers.

« Previous
 
Next »
 

0 komentar:

Your comment / OMG.. Air Radiator Kosong?