Pilah-Pilih Aliran Modif Mu


Semakin berkembangnya dunia otomotif, maka makin berkembang juga aliran modifikasinya yang seakan telah menjadi virus tersendiri bagi para pemainya. Bagi Anda masih binggung dan dalam memodifikasi kendaraan Anda, ada baikan Anda harus tau dulu kemana arah modifikasinya, karena apabila asal dan hanya sekadar mengikuti saja, bisa-bisa Anda akan salah jalur dalam modifikasi kendaraan Anda dan dapat berdampak fatal juga karena merusak mobil dan jadi tidak enak dipandang oleh mata seperti gambar berikut.
Pasti nga kepengen kan kalo mobil yang telah menjadi lifestyle Anda tampil seperti ini di muka umum, terlebih bila Anda jalan dengan sang kekasih, bisa malu sob…karena terkesan maksa...hehehehe… Oleh karena itu BosMobil ingin sekadar sharing mengenai tampilan aliran modifikasi yang sekarang umum menjadi khiblat anak-anak muda pecinta. Ada bebrapa aliran yang sekarang cenderung di gandrungi yaitu JDM, USDM, DUB, Retro, VIP, Hellaflush, Street Racing. Mau tau kelanjutanya simak aja ulasan ringan di bawah ini …

Japanese Domestic Market (JDM)



Aliran ini sedang lumayan di gandrungi oleh para muda-mudi dunia modifikasi, aliran ini merupakan aliran yang semua bagian komponen mobil menggunakan parts asli yang berasal dari negara Jepang, bukan replika dan tidak diedarkan di Indonesia.  Aliran tersebut sangat menjamur hampir di seluruh kota di Indonesia. Alasan kenapa aliran ini menjamur adalah karena modifikasi JDM yang simpel, enak dilihat, dan bisa dibawa harian. Semua komponen asli Jepang maka komponen tersebut  itu sudah termasuk JDM.

United State Domestic Market (USDM)


Seperti hal namany, aliran ini memang berasal dari negeri paman Sam. Aliran USDM berciri khas memiliki bemper lebih besar sedikit daripada JDM untuk menahan benturan, dan juga memiliki lampu tambahan yang fungsinya memberikan sinyal ke pengendara dari samping agar dapat melihatnya.

DUB
DUB merupakan aliran yang mengutamakan prestis para pemilik mobil dan kemewahan dari mobil tersebut. Ciri khas dari aliran DUB adalah mobil memakai velg berukuran 20-26 inchi berlapis krom. Cat yang wajib diaplikasikan pada aliran DUB adalah terang dan wetlook, sering kali menggunakan warna hitam dan putih karena kedua warna tersebut identik dengan kemewahan, terkadang juga mengaplikasikan airbrush simpel tetapi terlihat ‘cihuy’. Interior dilapiskan kulit asli beserta kancing-kancing seperti sofa. Sound Pressure Level (SPL) adalah kewajiban sound system yang dianut aliran DUB.

VIP

Aliran VIP bercirikan ubahan exterior yang tidak terlalu ekstrim, bodi kit simpel, muffler oval, air suspension, velg berukuran besar di atas 19 inchi + lebar, celong atau offset negatif, serta ber-champer extreme. Bagian interior dibuat bersih,rapih dan elegan. Pemilihan warna interior bisa berwarna putih, merah marun, hitam, serta cokelat tua. Sound Quality (SQ) adalah kewajiban sound system yang dianut aliran VIP.

Retro
Aliran Retro adalah aliran yang mengembalikan kondisi mobil seperti pada awal mobil tersebut diproduksi, aliran ini mengutamakan orisinalitas komponen mobil tersebut. Kedengeran simpel bukan? Tetapi  aliran Retro tidak sedikit menghabiskan uang karena komponen-komponen orisinil tersebut sudah sangat langka di pasaran. Cat yang digunakan umumnya warna solid terang seperti cokelat, putih, biru, dan merah tua. Interior yang digunakan adalah standar dari pabrikan mobil tersebut, dan seperti namany, aliran Retroisme ini lebih di dominankan oleh mobil-mobil klasik atau pertengahan tua, seperti toyota DX, Levin, Datsun dan sebagainya.

 
Hellaflush

Aliran Hellaflush adalah aliran yang aggresive fitment dan slammed ride, yaitu modifikasi diutamakan di bagian kaki-kaki, khususnya velg dengan lebar dan offset yang killer tetapi bisa terlihat pas di di ruang ban serta stance seminimal mungkin, dan jarak mobil dan tanah harus pendek sependek-pendeknya. Di bagian exterior, roofrack adalah optional.

Street Racing
Aliran Street Racing merupakan aliran dimana mobil terlihat seperti mobil balap mengutamakan tampilan, tetapi masih bisa dibawa jalan harian. Untuk sektor exterior, yang dimodifikasi adalah bagian bemper yang yang telah ditempel dengan bodikit ala racing dengan penambahan wing belakang. kemudian Cat mobil yang "eye Catching" dengan penambahan stiker dari merek barang2 racing. Kemudian memakai velg dengan model racing, tidak lupa bagian rem seperti piringan cakram dan kaliper diganti untuk menambah kesan racing. Bagian Interior, Jok racing adalah keharusan untuk mengaplikasi aliran ini, tidak lupa seperti stir, dan indikator2 tambahan. Pindah ke sektor mesin, dilakukan penambahan pernak pernik seperti kabel busi, koil, oil catch tank, dll, bisa juga dengan meng-upgrade mesinnya dengan porting polish, atau pun dengan Force Induction seperti Turbo atau Nos..

Nah, itu dia sedikit info bagi sobat yang ingi memodif mobilnya …. Semoga dapat berguna yaah … Salam modifikasi.
(sumber Bosmobil.com)

« Previous
 
Next »
 

0 komentar:

Your comment / Pilah-Pilih Aliran Modif Mu